Jumat, 09 Desember 2016

Apa Yang Anda Ketahui Tentang Filsafat Islam



Filsafat pendidikan Islam merupakan gagasan pemikiran tentang pendidikan Islam, yang secara operasional diaplikasikan dalam sebuah sistem yang disebut sistem pendidikan Islam. Sebagai gagasan yang bersumber dari pemikiran filosofis, filsafat pendidikan Islam menjadi dasar bagi terbentuknya sistem pendidikan Islam itu sendiri. Selain itu filsaat pendidikan Islam juga memberi arah bagi tujuan yang akan dicapai oleh sistem pendidikan Islam.
            Sebagai landasan dasar, filsafat pendidikan Islam akan memperkuat bangunan sebuah sistem, pendidikan Islam punya pijakan yang kuat dan jelas. Sementara dalam fungsinya sebagai tujuan, filsafat pendidikan Islam ikut memberi kejelasan tentang arah dan target pencapaian yang diprogramkan dalam sistem pendidikan Islam. Jadi, filsafat pendidikan Islam tak dapat dilepaskan hubungannya dari masalah yang menyangkut kependidikan.
            Didasari bahwa pemikiran filosofis tentang pendidikan Islam tidak terhenti pada masa era tertentu. Sejalan dengan fungsinya sebagai gagasan yang bersifat soluti, maka pemikiran yang menyangkut filsafat pendidikan Islam akan terus berkembang. Hal ini antara lain dikarenakan gagasan yang dimaksud merupakan bentuk respons dari kebutuhan dan tuntutan zamannya masing-masing. Termasuk dalam memberikan sumbangsinya dalam mengatasi problema-problema kependidikan kontemporer.
            Islam sebagai agama, berisi ajaran yang bersumber dari wahyu. Nilai-nilai ajaran tersebut oleh Allah SWT dijain serasi dengan kebutuhan hidup manusia sebagai makhluk ciptaan-Nya. Kebutuhan hidup yang mencakup dua dimensi, yakni kehidupan duniawi dan ukhrawi. Kehidupan duniawi sebagai rentan jangka pendek, sedangkan ukhrawi sebagai rentang kehidupan jangka panjang dan abadi.
            Islam menawarkan peluang kepada manusia, agar mampu mengemas kedua dimensi kehidupan itu dalam sebuah hubungan kehidupan yang harmonis. Memadukannya dalam bentuk jalinan hubungan di pola kehidupan fi al-dunya hasanah wa fi al-akhirat hasanah. Menyatukan rentang kesejahteraan hidup didunia dan akhirat. Kehidupan akhirat yang abadi.
            Upaya untuk menjalin hubungan terpadu dan harmonis tadi hanya mungkin dilakukan, apabila seluruh aktifitas manusia disejalankan dengan nilai-nilai ajaran Islam itu sendiri. Adapun upaya yang dinilai paling efektif untuk mencapi tujuan yang dimaksud adalah melalui pendidikan. Pendidikan sebagai proses transfer nilai-nilai ajaran Islam kepada manusia sebagai makhluk ciptaan Allah, sesuai dengan hakikat penciptaannya, yakni guna mengabdi kepada Allah semata (Q. 51 : 56).
      Dapat disimpulkan bahwa Filsafat Pendidikan Islam merupakan  konsep berfikir mengenai kependidikan yang bersumber atau berlandaskan ajaran agama Islam, tentang hakikat kemampuan manusia agar dapat dibina, dikembangkan serta dibimbing menjadi manusia muslim yang seluruh pribadinya dijiwai oleh ajaran Islam. Filsafat pendidikan Islam juga merupakan pemikiran dasar yang melandasi dan mengarahkan proses pelaksanaan pendidikan Islam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar