Cara mendiagnosa
masalah belajar dapat dilakukan dengan beberapa cara, anatar lain:
1. Menidentifikasi
masalah belajar
Dalam mendiagnosis masalah belajar, guru harus mempunyai
pengetahuan yang luas tentang gejala-gejala kesulitan belajar.Gejala-gejala mu
culnya masalah belajar dapatdiamati dalam berbagai bentuk, biasanya muncul
dalam bentuk perubahan perilaku yang menyimpang dalam belajar.
2. Menelaah
atau menetapkan status siswa
Penelaahan dan penetapan status murid dilakukan dengan
cara berikut:
a. Menetapkan
tujuan khusus yang diharapkan dari murid
b. Menetapkan
tingkat ketercapaian tujuan khusus oleh murid dengan menggunakan tekhnik dan
alat penilaian yang tepat.
c. Menetapkan
pola pencapaian murid, yaitu seberapa jauh ia berbeda dari tujuan yang
ditetapkan.
3. Memperkirakan
sebab terjadinya masalah belajar
Membuat perkiraan yang tepat merupakan perbuatan yang
kompleks yang keberhasilannya sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dalam
memperkirakan sebab terjadinya permasalahan belajar terdapat beberapa prinsip,
yaitu:
a. Gejala
yang sama dapat ditimbulkan oleh sebab yang berbeda.
b. Sebab
yang sama dapat menimbulkan gejala yang berbeda.
c.
Berbagai penyebab dapat berinteraksi yang
dapat menimbulkan gejala masalah yang semakin kompleks
Tidak ada komentar:
Posting Komentar