Sabtu, 24 Desember 2016

Psikologi Perkembangan dan Manfaatnya



Dalam kehidupan, dari waktu ke waktu manusia (makhluk hidup) mengalami suatu perkembangan, entah itu dalam fisik atau psikologinya. Dimana dalam kehidupan sehari-hari perkembangan fisik lebih dikenal dengan sebutan pertumbuhan, sedangkan pada nonfisik dinamakan perkembangan psikologis. Perkembangan psikologi dapat diartikan sebagai perubahan-perubahan tertentu yang muncul pada diri manusia.
Psikologi merupaka suatu disiplin ilmu yang sangat besar manfaatnya bagi kehidupan manusia. Psikologi menempatkan manusia sebagai objek kajiannya. Manusia sendiri adalah makhluk individual sekaligus makhluk sosial. Menyadari posisi manusia yang demikian, maka secara jelas, yang menjadi objek kajian psikologi secara modern adalah manusia serta aktivitas-aktivitas mentalnya dalam interaksi dengan lingkungannya.
Dalam usaha memahami psikologi perkembangan, kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan perkembangan. Perkembangan tidak terbatas pada pengertian pertumbuhan yang semakin membesar, melainkan didalamnya terkandung serangkaian perubahan yang berlangsung secara terus menerus dan bersifat tetap dari fungsi jasmaniah dan rohaniah yang dimiliki individu menuju ke tahap kematangan melalui pertumbuhan, pematangan dan belajar.
Setelah diketahui tentang perkembangan dapat diuraikan beberapa definisi psikologi perkembangan. psikologi perkembangan, yaitu suatu cabang dari psikologi yang membahas tentang gejala jiwa seseorang baik yang menyangkut perkembangan atau kemunduran perilaku seseorang sejak masa konsepsi hingga dewasa.
Banyak manfaat mempelajari psikologi perkembangan, karena seseorang dapat mehamami dan meramalkan perilaku diri sendiri maupun orang lain, sebab sejaitnya manusia selalu mengadakan komunikasi dengan orang lain disekitarnya. Manfaat tersebut diantaranya untuk mengetahui tingkah laku individu, sesuai apa tidak dengan tingkat usia atau perkembangannya, untuk mengetahui tingkat kemampuan individu pada setiap fase perkembangannya, untuk mengetahui kapan individu bisa diberi stimulus pada tingkat perkembangan tertentu, agar dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan-perubahan yang akan dihadapi anak, dan khusus untuk guru, agar dapat memilih dan memberikan materi dan metode yang sesuai dengan kebutuhan anak, terutama dalam kegiatan proses belajar mengajar.
Psikologi sangat berperan dalam berbagai aspek kehidupan sehingga psikologi mempunyai banyak fungsi, diantaranya untuk memperoleh pengetahuan tentang perilaku, kodrat, tabiat atau pribadi manusia sehingga berbagai masalah sosial dapat dipecahkan. Dengan psikologi kita lebih mengenal diri sendiri dan orang lain sehingga kita dapat bergaul dan menyesuaikan diri dengan orang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar