Sabtu, 24 Desember 2016

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Mental



Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan mental peserta didik sebagai berikut:
a.         Faktor internal
·      Faktor internal adalah yang berasal dari dalam diri seseorang, misalnya ; sifat pemarah, halus, talenta di bidang kesenian, dan sebagainya
·      Faktor keturunan juga cenderung memegang peran terhadap mental seseorang, misalnya: intelektualitas, emosi, dan potensi.

b.      Faktor Eksternal
Yang dimaskud dengan faktor eksternal adalah faktor-faktor yang ada di luar diri manusia dan dapat mempengaruhi mental (cara berpikir dan cara berperasaan berdasarkan hati nuraninya). Lingkungan eksternal yang paling dekat dengan peserta didik adalah keluarga seperti orang tua, kakak, adik, kakek, nenek dan sebagainya. Faktor luar lain yang berpengaruh yaitu seperti hukum, politik, sosial budaya, agama, pemerintah, pendidikan, masyarakat, dan sebagainya. Faktor eksternal yang baik, dapat menjaga mental seseorang, sedangkan faktor eksternal yang buruk dapat berpotensi menimbulkan mental tidak sehat.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan mental seorang guru sebagai berikut:
1.      Keadaan rumah tangga, misalnya anak sakit, gaji tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari, dan sebagainya.
2.      Guru bekerja lebih dari semestinya. Misalnya dari pagi hingga sore hari mengajar di beberapa sekolah.
3.      Kurangnya waktu untuk rekreasi dan tidak memiliki hobi yang dapat dilakukan saat sedang jenuh.
4.      Adanya sifat-sifat yang memperbesar kemungkinan kesehatan mental, seperti rasa kurang harga diri, keengganan menghadapi kesukaran, terlampau mementingkan diri sendiri, kurang kepercayaan diri, serta tak punya rasa humor dan lain sebagainya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar