Jumat, 09 Desember 2016

Kesadaran Sebagai Titik-Tolak, Proses Dan Titik- Tuju Pendidikan



            Kesadaran adalah input, proses, dan output dari humanisasi. Humanisasi dimulai dengan pengasumsian si terdidik adalah makhluk sadar, sebagai subjek. Subjek, karena memiliki kesadaran, adalah agent, pelaku dan bukan an empty mind yang harus diisi. Kesadaran adalah aktif, meng kreasi atau me-rekkreasi pengetahuan. Juga kesadaran, bukan penonton realitas yang perananya hanya merekam kejadian-kejadian, reflexive tetapi reflektif menganalisis kritis dunia yang dihadapinya, menemukan posisi dirinya di tengah  budaya atau konteks kehidupannya, menemukan the reason of being dan bangkit dari konteks ini untuk melakukan transformasi. Dengan demikian, kesadaran juga melakukan intervensi kritis terhadap lingkungannya, etrhadap dunia, terhadiap situasi dan terhadap perjalanan sejarah.
            Kesadaran, subjek, tidak dipandang sebagai teridelisasi atau terbiroksasi dengan berpikir atau mempersepsi belaka maka ia sudah menjadi subjek. Subjek dan objek, subjke dunia ada serempak, berinterelasi.  Untuk memahami humanisasi secara lebih tajam, ada baiknya dipahami juga dehumanisasi, yang kan menghasilkan a critical mental habits, di tampilkan secra karikaturis. Dehumanisasi digambarkan melalui seorang pendidil yang patungnya di tampilkann dengan panah-panah yang tertuju kr kepalanya, matanya, mulutnya, dan tangannya.
            Betapa pentingnya kesadaran akan pendidikan di Indonesia ini. Indonesia berada ditingkat paling bawah untuk pendidikannya. Agar Indonesia mampu bersaing dengan Negara-negar lain maka dibutuhkannya suatu kesadaran akan pentingnya pendidikan. Di Indonesia kesadaran akan pentingnya pendidikan itu sangat minim sekali, dapat kita lihat banyak sekali anak-anak yang putus sekolah. Banyaknya angka putus sekolah ini di akibatkan oleh para ornagtua mereka yang kurang sadar akan pentingnya pendidikan bagi anak. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting, karena dengan pendidikan peradaban di dunia ini lebih maju dan baik. Pendidikan pula dapat meningkatkan taraf hidup seseorang karena dengan pendidikna seseorang tidak di pandang sebelah mata atau tidak di remhkan lagi oleh orang lain. Betapa pentignya pendidikan, dengan kita berpendidikan saja kita bisa merubah dunia, kita bisa menyelasaikan berbagai permsalahan diantaranya kemiskina, buta huruf dan lain-lain. Dengan penidikan pula Negara ini bisa maju dan berdaya saing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar