Kesulitan belajar atau learning disability
adalah kelainan yang membuat individu yang bersangkutan sulit untuk melakukan
kegiatan belajar secara efektif faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar
tidak mudah untuk ditetapkan karena faktor tersebut bersifat kompleks.Bahkan
faktor penyebab tersebut tidak dapat diketahui namun mempengaruhi kemampuan
otak daam menerima dan memproses informasi dan kemampuan dalam belajar
bidang-bidang studi tertentu.
Kesulitan belajar dapat dipahami melalui
berbagai yang dikemukakan oleh berbagai ahli dan asosiasi ahli kesulitan
belajar.Reid (1986:13) mengemukakan pendapatnya bahwa kesulitan belajar
biasanya dapat diidentifikasi sampai anak mengalami kegagalan dalam
menyelesaikan tugas-tugas akademik yang harus dilakukannya. Selanjutnya ia
mengatakan bahwa siswa yang teridentifikasi mengalami kesulitan belajar
memiliki ciri-ciri, antara lainseperti berikut ini:
1. Memiliki
tingkat intelegensi (IQ) normal, bahkan diatas normal, atau sedikit dibawah
normal berdasarkan tes IQ. Namun siswa yang memiliki IQ sedikit dibawah normal
bukanlah karena IQ nya yang dibawah normal, akan tetapi kesulitan belajar yang
dialaminya menyebabkan ia mengalami kesulitan dalam menjalani tes IQ sehingga
memperoleh score yang rendah.
2. Mengalami
kesulitan dalam beberapa mata pelajaran, tetapi menunjukkan nilai yang baik
pada mata pelajaran yang lain
3. Kesulitan
belajar yang dialami siswa yang berkesulitan belajar berpengaruh terhadap
keberhasilan belajar yang dicapainya sehingga siwa tersebut dapat dikategorikan
ke dalam lower achiever (siswa dengan pencapaian hasil belajar dibawah potensi
yang dimilikinya).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar