Jumat, 09 Desember 2016

Sasaran Inovasi Pendidikan



1. Guru
     Sebagai ujung tombak  dalam pelaksanaan pendidikan merupakan pihak yang sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar. Kepiawaian dan kewibawaan guru sangat menentukan kelangsungan proses belajar mengajar di kelas maupun efeknya di luar kelas. Gurulah yang utama dan pertama terlibat karena guru mempunyai peran yang luas sebai pendidik, sebagi orang tua, sebagai teman, sebagai dokter, sebagai motivator dan lain sebagainya. 
2. Siswa
     Dalam proses belajar mengajar, siswa dapat menentukan keberhasilan belajar melalui penggunaan intelegensia, daya motorik,  pengalaman, kemauan dan komitmen yang timbul dari diri mereka tanpa ada paksaan. Peran siswa dalam inovasi pendidikan tidak kalah penyingnya dengan peran unsur-unsur lainnya, karena siswa bisa sebagai penerima pelajaran, pemberi materi pelajaran kepada sesama temannya, petunjuk dan bahkan sebagai guru.
3. Kurikulum
     Kurikulum pendidikan lebih meliputi program pengajaran dan perangkatnya merupakan pedoman dalam pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di sekolah. tanpa adanya kurikulum dan tanpa mengikuti program-program yang ada didalamnya, maka inovasi pendidikan tidak akan berjalan sesuai dengan tujuan inovasi itu sendiri.
4. Fasilitas
     Tanpa adanya fasilitas, maka pelaksanaan inovasi pendidikan akan bisa di pastikan tidak akan berjalan dengan baik. Teruta fasilitas belajar mengajar merupakan hal yang esensial dalam mengadakan perubahan dan pembaharuan pendidikan. Oleh karena itu, dalam menerapkan suatu inovasi pendidikan, fasilitas perlu diperhatikan. Misalnya, gedung sekolah, bangku, meja dan sebaginya.
5. Lingkup sosial masyarakat
     Dalam menerapkan inovasi pendidikan, tanpa melibatkan masyarakat sekitarnya, inovasi pendidikan tentu akan terganggu, bahkan bisa merusak apabila mereka tidak diberitahu atau dilibatkan. Keterlibatan masyarakat dalam inovasi pendidikan sebaliknya akan membantu inovator dan pelaksana inovasi dalam melaksanakan inovasi pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar