Rabu, 07 Desember 2016

Inovasi Belajar



Beberapa pendapat menurut para ahli sebagai berikut :
Ø  Pengertian Inovasi menurut Everett M. Rogers
Inovasi adalah suatu ide, gagasan, praktek atau objek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi.
Ø  Pengertian Inovasi menurut Stephen Robbins
Inovasi adalah suatu gagasan baru yang diterapkan untuk memprakarsai atau memperbaiki suatu produk atau proses dan jasa.
Ø  Pengertian Inovasi menurut Van de Ven, Andrew H
Inovasi adalah pengembangan dan implementasi gagasan baru oleh orang dimana dalam jangka waktu tertentu melakukan transaksi-transaksi dengan orang lain dalam suatu tatanan  organisasi.
Dari beberapa pendapat para Ilmuan diatas, Inovasi dapat diartikan sebagai suatu penemuan baru atau Ide, gagasan, kretifitas yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal yang dapat dikembangkan untuk mencapai suatu hasil yang lebih baik dari sebelumnya.
Dan sebenarnya setiap orang mempunyai potensi untuk inovatif, karena setiap orang telah memiliki sifat kreatif dan inovatif yang terpendam dalam dirinya masing-masing.Mengingat pentingnya berpikir kreatif dan inovatif bagi keberhasilan hidup, maka kemampuan tersebut harus ditanamkan sejak dini pada setiap diri manusia.
Kreativitas dan inovasi tidak akan muncul dengan sendirinya pada diri seseorang. Kreativitas dan inovasi akan muncul pada diri seseorang setelah ia melalui proses belajar yang tekun dan selalu berusaha berpikir kreatif serta memiliki disiplin diri yang tinggi.
Sedangkan menurut Stephen Robbins Inovasi mempunyai 4 ciri, berikut penjelasannya:
  1. Khas
Ciri utama dari sebuah inovasi adalah khas.Inovasi harus memiliki ciri khas sendiri yang tidak dimiliki atau pun ada pada ide atau pun gagasan yang sudah ada sebelumnya.Tanpa ciri khas yang spesifik, sebuah ide atau pun gagasan tidak dapat digolongkan menjadi sebuah inovasi baru.
  1. Baru
Ciri ke dua dari sebuah inovasi adalah baru.Setiap inovasi harus lah merupakan ide atau pun gagasan baru yang memang belum pernah diungkapkan atau pun dipublikasikan sebelumnya.
  1. Terencana
Ciri ketiga dari sebuah inovasi adalah terencana.Sebuah inovasi biasa nya sengaja dibuat dan direncanakan untuk mengembangkan objek-objek tertentu. Dengan kata lain, setiap inovasi yang ditemukan pada dasar nya merupakan kegiatan yang sudah direncanakan sejak awal.
  1. Memiliki Tujuan
Ciri terakhir yang harus ada pada inovasi adalah memiliki tujuan.Seperti yang telah dijelaskan di poin yang sebelumnya, inovasi merupakan aktivitas terencana untuk mengembangkan objek-objek tertentu (tujuannya adalah mengembangkan objek – objek tertentu).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar