Rabu, 07 Desember 2016

Perwujudan Perilaku Belajar



Perwujudan menurut istilah merupakan sebuah hasil dari apa yang dilakukan, baik itu positif maupun negatif. Menurut KBBI (Departemen Pendidikan Nasional, 2008) perwujudan adalah (1) rupa (bentuk) yang dapat dilihat; (2) sesuatu yang nyata;  (3) pelaksanaan (cita-cita dan sebagainya); manifestasi;  (4) barang yang berwujud (seperti yang tampak dalam mimpi dan sebagainya).
Perilaku adalah tindakan atau aktivitas dari manusia itu sendiri yang mempunyai bentangan yang sangat luas antara lain: berjalan, berbicara, menangis, tertawa, bekerja, kuliah, menulis, membaca, dan sebagainya. Dari uraian ini dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud perilaku manusia adalah semua kegiatan atau aktivitas manusia, baik yang diamati langsung, maupun yang tidak dapat diamati oleh pihak luar (Notoatmodjo, 2003).Dari sudut biologis, perilaku adalah suatu kegiatan atau aktivitas organisme yang bersangkutan, yang dapat diamati secara langsung maupun tidak langsung (Sunaryo, 2004: 3). Sedangkan secara operasional, perilaku dapat diartikan suatu respons organisme atau seseorang terhadap rangsangan dari luar subjek tersebut (Soekidjo, dalam Sunaryo, 2004: 3)
Sedangkan belajar adalah sebuah proses perubahan di dalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir, dan kemampuan-kemampuan yang lain (Notoatmodjo, 2003).Menurut Oemar belajar adalah bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara berperilaku yang baru berkat pengalaman dan latihan (Sunaryo, 2004: 165). Pada intinya, belajar adalah proses perubahan dalam diri manusia (Ahmadi, dalam Sunaryo, 2004: 165).
Berdasarkan pengertian dari perwujudan, perilaku dan belajar di atas, maka kami dapat menyimpulkan apa yang dimaksud dengan perwujudan perilaku belajar. Jadi, perwujudan perilaku belajar adalah semua tindakan atau kegiatan siswa, baik yang diamati langsung, maupun yang tidak dapat diamati oleh pihak luar yang dapat melakukan sebuah proses perubahan didalam kepribadian siswa dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku siswa.Manifestasi atau perwujudan perilaku belajar bisanya lebih sering tampak dalam perubahan-perubahan kebiasaan, berfikir asosiatif dan daya ingat, inhibisi, keterampilan, berfikir rasional dan kritis, apresiasi, pengamatan, sikap, serta tingkah laku afektif (Syah, 2010). Namun, dibawah ini kami hanya akan menjelaskan mengenai perwujudan perilaku belajar dalam berpikir asosiatif dan daya ingat, berpikir rasional dan kritis, serta sikap afektif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar