Jumat, 09 Desember 2016

Tinjauan Kritis Dari Analisis Williams



Meskipun analisis Williams (1961) mungkin merupakan pendapat yang paling efektif dari tujuan umum dan kepentingan kelompok yang mempengaruhi pendidikan Inggris, analisis tersebut masih terbuka terhadap kritik pada beberapa poin. Dalam prakteknya, seperti Williams akui, bertujuan cenderung bercampur, tidak murni dan terisolasi, seperti yang dijelaskan. Hal ini, tentu saja, sebenarnya dari akibat dari menyederhanakan tujuan.
Di luar itu, terdapat kritik yang menyebutkan bahwa adanya kelompok kepentingan modern Inggris yang signifikan namun tidak dikenal , menunjukkan bahwa analisis dapat mendapatkan manfaat dari adanya modifikasi dan revisi.
Penghilangan pertama adalah kegagalan untuk mengidentifikasi reformis progresif dan liberal sebagai kelompok sosial yang berbeda dengan tujuan mereka sendiri. Diakui, di era Victoria, para reformator liberal dan pendidik masyarakat bersatu dalam tujuan yang sama, memperluas pendidikan untuk semua anggota gugus. Mungkin karena alasan ini, Williams menuliskan yang terakhir disebutkan saja. Namun kedua kelompok dapat dibedakan, dan memiliki tujuan yang semakin berbeda. Kelompok ini adalah, reformis progresif liberal, disebut ‘pendidik progresif ' (yang slogannya biasanya berbunyi 'selamatkan anak’), dan pendidik masyarakatyang berhubungan dengan pendidikan untuk semua untuk mempromosikan kewarganegaraan yang demokratis.
Bahkan, Williams tidak membedakan antara dua aliran pendidik publik, seperti yang ditunjukkanYoung (1971a). Hal ini merupakan reformis sosial demokrasi yang mendukung ‘pendidikan untuk semua’, yang sebagian besar tujuannya sesuai dengan kelompok pendidik progresif, dan aktivis populis/proletar mendesak untuk adanya relevansi, pilihan dan partisipasi dalam pendidikan, yang mana sifat ini sedikit banyak sama dengan para pendidik publik modern yang lebih radikal. Jadi meskipun pendidik progresif tidak dibedakan oleh Williams, dapat dikatakan bahwa mereka telah ada sebelumnya dalam analisis.
Penambahan kelompok kepentingan baru, pendidik progresif, adalah sesuai dengan perbedaan yang dikenal luas antara dua tradisi dalam pendidikan dasar: sekolah dasar dan tradisi progresif. Hal ini dapat ditemukan, misalnya, dalam Dearden (1968), Golby (1982) dan Ramsden (1986). Dengan demikian, tradisi progresif dalam pendidikan dasar secara luas diakui, dan layak ditambah kedalam analisis Williams (1961), memunculkan empat kelompok.
Analisis sebanding untuk kelompok sosial dan tujuan pendidikannya diberikan oleh Cosin (1972). Cosin membedakan empat kelompok yang berhubungan erat dengan kelompok yang dibahas: rasionalisasi/teknokratis, elitis/konservatif, romantis/ individualis, dan egaliter/demokratis. Sejajar antara set kelompok dapat ditunjukkan seperti pada Tabel 6.1. Tabel tersebut menunjukkan analogi yang kuat antara dua set kelompok social. Perbedaan minor terjadi dalam definisi sosial dari kelompok humanis lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar